5 Spot Wisata di Gunung Papandayan Yang Paling Populer

By | February 28, 2017

Spot Wisata di Gunung Papandayan. Jika di artikel sebelumnya kita telah membahas tempat wisata di Bekasi yang menarik untuk didatangi maka pada artikel kali ini kita akan mengulas spot-spot menarik di sebuah gunung.

Salah satu lokasi wisata alam terbaik di #Jawa Barat merupakan Gunung Papandayan, pasti rata-rata orang mengakui hal itu.

Gunung Papandayan adalah salah satu tempat liburan yang bisa sobat kunjungi jika ingin mendapatkan  pemandangan alam yang memukau.

Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2.665 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL) ini, adalah salah satu gunung yang mempunyai medan yang tidak terlalu ekstrem, sehingga mudah ditempuh dan cukup banyak disambangi oleh para travelers yang hobi menjelajahi alam.

Panorama alam yang indah nan mempesona bisa sobat dapati di Gunung Papandayan ini. Dan tentu saja banyak sekali terdapat spot-spot wisata yang terkenal dan tentunya menarik untuk sobat sambangi satu per satu di Gunung yang terletak di Kab. Garut ini.

Nah, untuk sobat yang penasaran apa saja spot menarik yang bisa sobat kunjungi ketika terletak di Gunung Papandayan ini. Berikut ulasan dari kami yang tentu bisa menjadi tambahan referensi liburan sobat yang seru bersama keluarga.

Pesona Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan (Foto: asliindonesia.net)

Pesona gunung ini bisa terlihat dari beberapa spot-spot wisata yang sering didatangi para travelers dan berikut spot-spot yang menarik untuk sobat kunjungi.

1. Camp David

Camp David di Gunung Papandayan
Camp David di Gunung Papandayan (Foto: hadhilchoirihendra.wordpress(dot)com)

Spot pertama yang wajib sobat kunjungi di Gunung Papandayan ini merupakan Camp David.

Tempat ini adalah salah satu letak dimana sobat akan menemukan pos yang digunakan untuk mendaftarkan diri serta tempat untuk menitipkan kendaraan sobat.

Selain itu, di daerah Camp David ini sendiri, sobat bisa bermalam untuk menyiapkan tenaga ketika akan melakukan pendakian, dan adalah salah satu letak tempat mampir para pendaki Gunung Papandayan.

2. Kawah Papandayan

Kawah Papandayan
Kawah Papandayan (Foto: garutgarutgarut.blogspot(dot)com)

Kawah Papandayan, adalah salah satu letak yang menarik untuk didatangi ketika mendaki gunung yang pernah meletus pada tahun 2002 ini.

Terdapat tebing yang tinggi, pada area kiri dan kanan trek kawah. Selain itu, sobat akan menemukan sebuah sungai yang mengalirkan air panas dengan aroma belerang yang cukup kuat di area kawah dengan pemandangan kabut yang cukup tipis ini.

Panorama inda di kawah Gunung Papandayan ini tidak setiap hari bisa sobat lihat dan hal ini tentu menjadi salah satu daya tarik dari Gunung Papandayan.

3. Pondok Saladah

Bunga Eldeweis di Sekitar Pondok Saladah
Bunga Eldeweis di Sekitar Pondok Saladah (Foto: asliindonesia.net)

Pondok Saladah adalah sebuah letak dimana para pendaki gunung biasa mendirikan tenda untuk beristirahat melepas penat dan merasakan sensasi bermalam ditengah hutan Pohon Cantigi.

Area yang berbentuk lapangan yang luas ini bisa menampung hingga ratusan tenda travelers, jadi jangan heran jika cukup banyak tenda yang berdiri di letak ini.

Sobat juga bisa melihat bunga Edelweis yang cantik disekitar kawasan Pondok Saladah ini. Namun sobat tidak diperkenankan untuk memetiknya. Hal itu untuk menjaga kelestarian bunga tersebut.

4. Hutan Mati

Hutan Mati di Gunung Papandayan
Hutan Mati di Gunung Papandayan (Foto: pikiran-rakyat(dot)com)

Di hutan mati ini pohon-pohon yang terbakar karena letusan gunung masih tetap berdiri dan justru menghadirkan pemandangan alam yang menarik.

Sobat akan melihat deretan pohon-pohon mati berwarna hitam berjajar pada area yang lumayan luas di Gunung Papandayan ini.

Untuk lokasinya sendiri, hutan mati terletak di sekitar area yang tidak jauh dari Pondok Saladah dan tentunya bisa sobat temui dengan mudah.

5. Tegal Alun

Bunga Eldeweis di Tegal Alun
Bunga Eldeweis di Tegal Alun (Foto: wisatagarut.blogspot(dot)com)

Sebuah ladang Edelweis yang indah bisa sobat temukan dikawasan Tegal Alun ini. Di letak ini sobat bisa melihat pemandangan alam mempesona khas pegunungan.

Namun untuk mencapainya memang memerlukan usaha yang cukup menantang untuk bisa mencapainya.

Di sini sobat akan terbiasa bisa melakukan perjalanan dengan kemiringan trek hingga 74 derajat. Tentu saja perjuangan menempuh perjalanan ke sini akan terbayarkan dengan pemandangan Tegal Alun yang indah nan memukau.

Demikian beberapa ulasan mengenai spot wisata menarik yang bisa sobat kunjungi ketika terletak di Gunung Papandayan, Jawa Barat. Semoga bermanfaat sebagai referensi wisata sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *