Air Terjun Tetewa – Rute, Arti, Keindahan dan Alamat

By | March 6, 2017

Air Terjun Tetewa, pernah mendengar nama air tejun ini! Pasti masih asing di telinga sobat bukan.

Namun bagi masyarakat Konawe maupun Kolaka Timur (Sulawesi Tenggara) mulai sudah tidak asing dengan nama itu.

Yap, Air Terjun Tetewa ini adalah salah satu obyek wisata terbaru yang terletak di Desa Alaha, Kec. Ueesi, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Tepatnya obyek wisata ini berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Kolaka Timur dan sekitar 130 km dari pusat Kota Unaaha, Konawe.

Air Terjun Tetewa
Air Terjun Tetewa

Kenapa saya menyebutkan jarak dari ke dua kota tersebut menuju obyek wisata ini!

Karena ada dua rute yang bisa sobat gunakan menuju area air terjun ini, baik dari Kolaka Timur maupun dari Kota Unaaha, Konawe.

Yang pastinya, Air Terjun Tetewa ini masih hangat-hangatnya jadi perbincang di berbagai media sosial seperti Facebook dan Instagram karena pesonanya tidak kalah dengan Air Terjun Bidadari yang ada di Malang maupun air terjun serupa yang ada di Sulawesi Tenggara.

Rute Menuju Air Terjun Tetewa

Rute Menuju Air Terjun Tetewa
Rute Menuju Air Terjun Tetewa

Seperti yang saya bilang di atas tadi jika sobat bisa menggunakan salah satu dari ke dua rute menuju Air Terjun Tetewa ini.

Namun saya lebih prefer untuk memilih menuju area obyek wisata air terjun ini dari Kota Unaaha, kota kelahiran saya…..hehehe.

Lah, kan jika dari Kolaka Timur lebih dekat karena hanya menempuh jarak sekitar 70 km dibandingkan dari Kota Unaaha yang jaraknya sekitar 130 km.

Ini yang sobat belum tahu. Jarak dari Kolaka Timur ke Air Terjun Tetewa ini memang cukup dekat dibandingkan dari Kota Unaaha namun untuk sampai ke sana melalui jalur dari Kolaka Timur sobat mesti membuat jalan sendiri karena belum ada rintisan jalan yang menuju ke tempat wisata ini.

Lain halnya jika sobat menggunakan jalur yang ke dua yaitu dari Kota Unaaha. Jalur ini sudah ada jalan yang menghubungkan Unaaha – Air Terjun Tetewa melalui Kec. Abuki walaupun jalannya mengenaskan + hancurrr…..hahaha.

Jika ingin ke obyek wisata ini baiknya sobat menggunakan kendaraan yang menggunakan double gardan apabila sobat menggunakan roda 4, mengingat medan yang akan sobat lalui sangat tidak bersahabat.

Namun perjalanan tidak akan terasa karena sobat akan di suguhkan pemandangan alam yang begitu alami khas hutan-hutan yang ada di Kab. Konawe.

Pesona dan Arti kata “Air Terjun Tetewa”

Kelelahan akibat perjalanan yang cukup panjang seperti terbayarkan dengan pemandangan Air Terjun Tetewa yang begitu indah nan eksotik.

Obyek wisata yang masih sangat alami ini begitu memukau bagi siapapun yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Air Terjun Tetewa ini.

Suasana alam yang masih sangat hijau di balut dengan pesona air terjun akan membuat sobat betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini.

Menurut penduduk setempat, Air Terjun Tetewa ini berasal dari kata “Tete” yang memiliki arti Titian. Sedangkan “Wa” memiliki arti Mengalir.

Jika di gabungkan menjadi Titian Mengalir.

Keindahan Air Terjun Tetewa
Pesona Air Terjun Tetewa, Kolaka Timur

Dahulu air yang mengalir di air terjun ini cukup deras yang membuat orang-orang sulit untuk menyeberang. Maka masyarakat berinisiatif menebang pohon di hutan ini untuk digunakan sebagai titian yang mengalir hingga sampai  ke seberang sungai.

Air terjun ini juga terbilang unik karena sumber airnya dari dua mata air yang berbeda. Air yang turun dari pancuran kurang lebih setinggi 3 meter itu berasal dari sungai Konawendekale yang bergabung dengan air yang mengalir dibawahnya dari sungai Konaweeha.

Namun sayangnya obyek wisata ini belum mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Kolaka Timur sehingga hampir tidak ditemukan satupun fasilitas penunjang pada obyek wisata ini.

Hal ini sangat berbeda dengan obyek wisata Danau Biru Kolaka Utara yang langsung mendapat perhatian dari pemerintah daerahnya yang mendirikan fasilitas penunjang di sekitar area wisata.

Alamat Air Terjun Tetewa

Air terjun ini beralamat di Desa Alaha, Kec. Ueesi, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Tips Berwisata di Air Terjun Tetewa

Beberapa tips ini mungkin akan membantu sobat yang akan berwisata ke Air Terjun Tetewa ini.

  • Sebaiknya sobat pergi ke air terjun ini pada musim panas. Karena pada musim hujan medan yang akan sobat lalui semakin sulit dengan lumpur yang pastinya sulit untuk dilalui oleh kendaraan.
  • Pastikan sobat tidak sendiri jika akan ke air terjun ini. Bagusnya sobat berkelompok dan kendaraan yang paling baik digunakan untuk menuju obyek wisata ini merupakan motor.
  • Tidak usah membawa handphone jika ke air terjun ini karena area obyek wisata ini belum terjangkau signal seluler.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada bagi sobat yang ingin berwisata ke Air Terjun Tetewa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *