Pantai Wedi Ireng Banyuwangi – Rute dan Lokasi dan Fasilitas yang Tersedia

By | September 24, 2017

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu tempat/destinasi wisata di banyuwangi yang sayang untuk saudara lewatkan. Disaat saudara merencanakan perjalanan wisata ke Banyuwangi, saudara juga harus menambahkan pantai ini ke dalam list tujuan wisata saudara. Pantai yang mulai populer di kalangan wisatawan ini memiliki keindahan yang mampu  membuat saudara “tidak akan pernah menyesal” mengunjunginya.

Pantai ini menawarkan keindahan alami yang dapat membuat saudara terkagum-kagum akan pesonanya. Dengan birunya air laut, bibir pantai yang dikelilingi oleh pepohonan hijau, pasir pantai dengan kombinasi putih dan hitam, serta hamparan batu karang yang menambah keeksotisannya.

Tempat pantai yang tersembunyi dengan bebatuan terjal dan lebatnya hutan membuat suasanya sangat nyaman. Selain itu, dengan rute menuju pantai ini yang cukup menantang, mendatangkan kepuasan tersendiri saat berhasil menikmati pesonanya.

Tempat Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai ini berlokasi di Desa Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Berjarak hanya kurang lebih 65 km sebelah selatan dari pusat kota Banyuwangia atau sekitar 3-4 jam perjalanan darat, serta hanya berjarak kurang lebih 3 km dari Pantai Pulau Merah.

Rute Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai ini dapat diakses melalui Pantai Pancer. Dari pusat kota Banyuwangi langsung menuju ke Kec. Jajag, kemudian ikuti petunjuk jalan ke arah pulau merah.

Kurang lebih 3 km sebelum Pulau Merah terdapat petunjuk jalan/arah menuju Pantai Pancer. Ambil rute menuju Pantai Pancer tersebut.

Dari sini, terdapat 2 rute menuju Pantai Wedi Ireng yang bisa saudara tempuh. Bisa memalui jalur darat (adventure) atau melalui jalur laut.

Jika melalui jalur darat atau jalur adventure, dari TPI Pantai Pancer saudara harus berjalan terlebih dahulu ke arah muara Pancer. Untuk menyeberanginya, saudara bisa menyewa perahu nelayan yang tersedia di sana dengan harga Rp 5.000. Selanjutnya saudara akan melewati bukit yang ditumbuhi pohon pisang dan semak belukar, dengan jalan yang cukup curam.

Untuk jalur laut, saudara dapat meminta nelayan di Dusun Pancer untuk mengantarkan saudara menggunakan perahu mereka. Nelayan setempat mematok “ongkos” sebesar Rp 25.000 untuk sekali jalan atau Rp. 40.000 untuk antar jemput.

Perjalanan menggunakan perahu tidak kalah seru dan juga menantang. Karena terkadang ombak yang cukup besar juga dapat memacu adreanalin saudara. Selain itu, sepanjang perjalanan saudara juga dapat menikmati keindahan dari tebing terjal di sepanjang perjalanan.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Fasilitas yang Tersedia

Untuk fasilitas yang tersedia di Pantai Wedi Ireng, walaupun saat tulisan ini dibuat masih cukup sederhana, tapi terbilang cukup lengkap. Terdapat warung-warung penjual makanan, tempat sampah, tempat mandi, toilet, serta tenda-tenda patung khas pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *