Sail Sabang 2017 – Sensasi Berwisata di Ujung Barat Indonesia

Sail Sabang menjadi pagelaran yang sangat ditunggu-tunggu bagi para travelers di penghujung tahun 2017.

Sail Sabang kali ini adalah rangkaian beberapa Sail Indonesia sebelumnya yang telah masuk seri ke 9 dan akan diselenggarakan pada 28 November – 5 Desember 2017 disekitar teluk Sabang.

Kegiatan Sail ini adalah turnamen reli yacht yang pesertanya akan berlayar dari kota Darwin, Australia menuju berbagai tempat/destinasi wisata yang ada di Indonesia, nah kali ini yang akan disambangi merupakan pulau Sabang sebagai titik nol kilometer.

Berikut daftar Sail Indonesia yang pernah diselenggarakan:

SAIL INDONESIA LOKASI TAHUN
Sail Bunaken Pulau Bunaken, Manado 2009
Sail Banda Kepulauan Banda, Maluku 2010
Sail Wakatobi – Belitong Wakatobi, Kab. Wakatobi 2011
Sail Morotai Pulau Morotai, Maluku Utara 2012
Sail Komodo Pulau Komodo, NTT 2013
Sail Raja Ampat Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat 2014
Sail Teluk Tomini Teluk Tomini, Sulawesi Tengah 2015
Sail Selat Karimata Selat Karimata, Sumatra – Kalimantan 2016
Sail Sabang Kepulauan Sabang, Aceh 2017

Sejak pertamakali diluncurkan di pulau Bunaken, Manado, Sail Indonesia selalu menjadi magnet bagi para travelers.

Baik itu yang datang dari dalam maupun yang datang dari luar negeri untuk melihat kemeriahan dan juga berbagai pertunjukan yang telah disiapkan tuan rumah menyambut kegiatan sail.

Kali ini dengan tema “Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional” pemerintah daerah Aceh memanfaatkan kegiatan sail ini untuk mempromosikan berbagai potensi pariwisata di Aceh, utamanya wisata bahari yang tersebar di kepulauan Sabang.

Berbagai persiapan dan fasilitas penunjang telah dibangun pemerintah daerah tepat waktu guna mensukseskan Sail Sabang 2017 kali ini, termasuk membangun hotel dan membenahi berbagai tujuan tempat wisata yang ada.

Di tunjuknya Sabang sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2017 kali ini pun bukan tanpa alasan. Kepulauan ini menyimpan begitu banyak potensi pariwisata dan tentunya tidak akan sobat temukan di daerah lain.

Nah, penasaran dengan wisata apa saja yang ada di kepulauan Sabang!

Unjuk ‘Gigi’ Pariwisata Aceh di Sail Sabang 2017

sail sabang 2017

Sail Sabang 2017 (Foto: hijrahheiji.blogspot(dot)com)

Setidaknya kepulauan Sabang memiliki 10 tempat wisata yang sangat menarik minat para travelers untuk datang menjelajahi setiap sudut tempat wisata yang ada.

Dan adanya kegiatan Sail Sabang 2017 pasti membuat setiap sudut tempat yang ada di Sabang telah dipoles sedemikian rupa oleh pemerintah daerah sehingga sobat tidak akan kecewa untuk datang berwisata ke Sabang.

Berikut tempat/destinasi wisata di Sabang yang wajib sobat kunjungi dan tentunya akan membuat sobat takjub melihat berbagai pesona pariwisata yang ada di Sabang.

1. Air Terjun Pria Laot

air terjun pria laot
Air Terjun Pria Laot (Foto: infowisataindonesia(dot)com)

Destinasi wisata di Sabang yang kita bahas pertamakali merupakan sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Pria Laot.

Air terjun pria laot ini terletak di bagian selatan pulau weah atau sekitar 12 km jika sobat dari kota Sabang.

Air terjun ini masih sangat alami dan seperti halnya curug bidadari yang ada di Bandung, air terjun pria laot ini juga berlokasi ditengah hutan yang disekelilingnya terdapat bukit-bukit batu yang membuatnya terkesan masih sangat alami.

Yang unik dari air terjun ini adanya sebuah kolam penampungan air yang berukuran sekitar 10 meter dengan kedalaman 1-2 meter yang membuat sobat bisa berendam di dalamnya.

Tidak hanya itu, adanya ikan-ikan kecil jenis Garra Rufa yang oleh penduduk setempat menamakannya ikan bulan akan menemani sobat berendam di kolam ini.

Jenis ikan ini dipercaya bisa digunakan untuk terapi berbagai penyakit karena ikan ini mampu membuang sel-sel kulit mati yang ada disekujur tubuh terutamanya di area telapak kaki dan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati oleh enzim yang dihasilkan dari air liur ikan ini.

Benar tidaknya, sepertinya sobat perlu datang langsung ke tempat/destinasi wisata Air Terjun Pria Laot ini.

2. Danau Aneuk Laot

danau aneuk laot
Danau Aneuk Laot (Foto: aceh.net)

Tidak lengkap rasanya datang menyaksikan Sail Sabang tapi tidak menyempatkan diri untuk mampir ke Danau Aneuk Laot.

Danau yang terletak di Kota Sabang, Kelurahan Aneuk Laot, Pulau Weh ini mempunyai luas 37,5 hektar. Keberadaan danau ini sangat vital bagi masyarakat yang tinggal di pulau Weh.

Selain digunakan sebagai tempat mata pencaharian bagi masyarakat sekitar, danau ini juga digunakan PDAM untuk mensuplai air bersih bagi masyarakat yang tinggal di kota Sabang.

Udara yang segar disekitar danau menyatu dengan panorama alam yang indah membuat obyek wisata ini tidak kalah dengan Situ Patenggang, danau yang terletak di Bandung maupun Danau Biru yang terdapat di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya itu, di danau ini juga cukup banyak spot-spot yang bagus untuk mengambil gambar. Dan waktu yang paling tepat untuk ke tempat/destinasi wisata ini merupakan menjelang sore hari dimana panorama sunset yang terlihat dari ujung danau.

3. Pantai Iboih

pantai iboih
Pantai Iboih di Pulau Sabang

Masih di pulau Weh, ada satu pantai yang cukup dikenal hingga ke luar negeri, namanya pantai Iboh.

Pantai ini menjadi salah satu primadona obyek wisata yang ada di pulau weh karena pesona alamnya baik disekitar pantai maupun biota laut yang hidup di sepanjang pantai ini yang cukup beranekaragam.

Seperti halnya di pantai Tanjung Lesung, ombak yang ada di pantai Iboh ini cukup tenang membuat kegiatan diving (menyelam) dan snorkeling sangat asyik dilakukan disekitar pantai Iboh untuk melihat lebih dekat pesona biota bawah laut pantai Iboh ini.

Tidak hanya itu, pantainya yang bersih tentu membuat sobat nyaman menyusuri setiap sudut pantai Iboh ini.

Sobat pun juga tidak perlu takut kemalaman terletak di pantai ini karena disekitar letak telah disediakan berbagai penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Pantai Sumur Tiga

pantai sumur tiga
Pantai Sumur Tiga (Foto: disbudpar.acehprov.go.id)

Tempat wisata berikutnya merupakan Pantai Sumur Tiga yang berlokasi di pulau Weh. Seperti pada umumnya pantai yang ada di pulau Weh ini berpasir putih dengan ombak yang cukup besar di waktu sore hari.

Dengan garis pantai terpanjang yang ada di Sabang, banyak hal yang bisa sobat lakukan disepanjang pantai ini, seperti berenang, menyusuri pinggiran pantai hingga snorkeling di waktu-waktu tertentu.

Tidak hanya itu, posisi pantai yang menghadap ke timur membuat pemandangan sunrise (Matahari terbit) begitu memukau.

Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang ke pantai ini sebelum matahari terbit hanya untuk menyempatkan diri melihat matahari terbit di pagi hari.

Fasilitas yang ada juga cukup memadai terbukti dengan adanya berbagai fasilitas umum dan juga restoran yang siap melayani lidah sobat dengan berbagai masakan seafood yang tentu sangat lezat, penasaran!

5. Pantai Anoi Itam

pantai anoi itam
Pantai Anoi Itam (Foto: indonesiakaya(dot)com)

Destinasi wisata di Sabang berikutnya yang wajib sobat kunjungi merupakan Pantai Anoi Itam. Pantai yang terletak di pulau Weh ini berjarak sekitar 14 kilimeter dari kota Sabang.

Pantai anoi itam ini sedikit berbeda dari pantai-pantai umumnya yang ada di pulau Weh. Pantai ini diberi nama Anoi Itam karena pasir pantainya yang berwarna hitam mirip dengan pasir pantai Serang Blitar namun sedikit lebih gelap.

Berdasarkan penelitian, pasir yang ada di obyek wisata ini berwarna hitam karena berasal dari letusan gunung berapi yang memang masih aktif hingga kini di pulau Weh.

Keunikan lainnya, pasir di pantai anoi itam ini mempunyai berat jenis tiga kali lebih berat dari pasir pada umumnya karena pasir yang ada di pantai anoi itam ini memiliki kandungan nikel di dalamnya, hal tersebut menurut pengakuan penduduk setempat.

Terlepas dari hal itu, pantai ini adalah salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia dan sejajar dengan pantai Carita maupun pantai Pelang yang telah diakui pesonanya hingga ke luar negeri.

Nah, jika sobat datang ke Sail Sabang sempatkan diri sobat untuk melihat langsung pesona pantai Anoi Itam ini.

6. Benteng Anoi Itam

benteng anoi itam
Benteng Anoi Itam Peninggalan Jepang

Sobat yang tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah pastinya harus menyambangi peninggalan sejarah yang satu ini.

Salah satu peninggalan sejarah ini bernama Benteng Anoi Itam yang lokasinya masih berdekatan dengan pantai Anoi Itam di bagian timur pulau Sabang.

Benteng ini adalah salah satu saksi sejarah pendudukan Jepang di Nusantara yang dahulunya digunakan tentara Jepang sebagai gudang penyimpanan senjata.

Sekarang benteng ini telah di alih fungsikan sebagai salah satu tempat/destinasi wisata di Sabang yang walaupun keberadaannya sudah cukup lama namun kondisi benteng ini masih cukup baik dan terawat.

Hal itu ditandai dengan adanya tempat bersantai di dalam benteng ini yang lengkap dengan sajian rujak khas pulau Sabang.

7. Pantai Ujong Kareung

pantai ujong kareung
Pantai Ujong Kareung (Foto: tempat.co.id)

Lagi-lagi wisata pantai yang memang keberadaannya cukup banyak di pulau Sabang. Nama tempat/destinasi wisata kali ini merupakan pantai Ujong Kareung.

Pantai ini berjarak lumayan jauh dari kota Sabang, yakni sekitar 45 km dari pusat kota.

Seperti beberapa pantai yang ada di sabang, pantai ini juga mempunyai panorama laut yang indah dengan latarbelakang karang yang terlihat kokoh menahan deburan ombak dari air laut.

Pantai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat bagi para pengunjung yang senang dengan hobi mancing karena melimpahnya biota laut terutama ikan-ikan kecil yang hidup dibawah karang-karang pada tepi laut.

Namun sobat tidak dianjurkan mandi-mandi di pantai ini karena banyaknya batu karang yang memang mendominasi hampir di sepanjang pantai ini yang mirip dengan pantai Klatak, sebuah obyek wisata pantai di Tulungagung.

8. Pulau Rubiah

pulau rubiah
Pulau Rubiah (Foto: dolandolen(dot)com)

Destinasi wisata di Sabang berikutnya yang cukup terkenal merupakan pulau Rubiah. Dengan luas 2.600 hektar pulau ini adalah salah satu surga bagi pecinta snorkeling maupun diving.

Pulau ini kaya akan keanekaragaman biota laut yang hidup dibawah laut layaknya sebuah akuarium raksasa yang transparan dan hal ini menjadi daya tarik utama bagi pengunjung untuk datang menikmati pesona bawah laut pulau Rubiah.

Para pengunjung akan disuguhkan berbagai terumbu karang yang jumlahnya sangat banyak dengan ikan-ikan tropis yang menemani sobat menyelam menyusuri berbagai sudut terumbu karang di pulau ini.

Sobat yang lupa membawa perlengkapan snorkeling maupun diving tidak perlu khawatir karena di pulau Rubiah ini juga ada fasilitas penyelaman yang bisa sobat sewa dengan harga yang cukup terjangkau.

Berikut daftar harga fasilitas yang tersedia.

PERLENGKAPAN HARGA
Snorkeling Rp 40.000/hari
Boat (Perahu) Rp 150.000
Glass Bottom Boat Rp 300.000

9. Pemandian Air Panas Keuneukai

pemandian air panas keuneukai

Pemandian Air Panas Keunekai

Salah satu alternatif tempat/destinasi wisata di Sabang yang wajib sobat kunjungi untuk melepaskan kepenatan merupakan Pemandian Air Panas Keuneukai.

Destinasi wisata ini paling asyik didatangi apalagi sobat yang datang bareng keluarga dijamin pasti betah berlama-lama di tempat ini.

Pepohonan hijau nan rindang dengan latarbelakang pemandangan laut yang indah membuat tempat/destinasi wisata ini cukup rame didatangi saat musim libur tiba.

Di samping melepas kepenatan tidak jarang pengunjung yang datang juga menggunakan air panas ini sebagai terapi, ini persis seperti pemandian air panas Ciwalini dan Cimanggu yang ada di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Kandungan sulfur yang ada dalam air panas dipercaya mengobati berbagai penyakit terutama gangguan penyakit kulit pada tubuh.

Fasilitas yang ada juga cukup memadai karena telah dilengkapi dengan ruang ganti baju dan juga kamar mandi bagi para pengunjung.

10. Pulau Klah

pulau klah
Pulau Klah

Pulau Klah adalah tempat/destinasi wisata yang belokasi di sebelah barat pulau Weh. Pulau ini juga terkenal dengan keanekaragaman bawah lautnya yang tentu tidak akan kalah dengan pulau Rubiah sebagai letak untuk snorkeling maupun diving.

Saat baru pertamakali ke pulau ini sobat akan dibuat takjub dengan pepohonan yang rindang dengan latarbelakang batu karang yang menyatu dengan birunya air laut dan ombak di pulau ini.

Berhadapan dengan pantai Kreung Raya keberadaan pulau Klah cukup vital bagi kapal-kapal yang ingin berlabuh di teluk sabang mengingat di pulau ini ada sebuah mercusuar yang berfungsi sebagai navigasi kapal yang akan berlabuh.

Fasilitas yang ada juga cukup lengkap, mulai dari resto, cafe-cafe, fasilitas umum seperti kamar mandi hingga tempat penyewaan perlengkapan snorkeling ada di sini.

11. Sabang Hill

sabang hill
Sabang Hill

Sepertinya ada yang kurang jika sobat tidak menyambangi salah satu tempat romantis yang ada di pulau Sabang.

Jika di Bandung ada Bukit Bintang maka di Sabang ada pula tempat yang bernama Sabang Hill.

Tempat ini adalah sebuah hotel yang sepertinya sangat pas untuk sobat jadikan sebagai tempat menginap jika datang berwisata ke pulau Sabang.

Letaknya yang terletak di atas bukit membuatnya punya nilai lebih dengan view kota Sabang yang terlihat dari ketinggian.

Tidak hanya itu, panorama laut terlihat begitu indah dengan sunset pada sore hari yang membuat suasana semakin romantis.

Fasilitas yang ada juga sangat lengkap dengan kuliner yang pasti akan memanjakan perut sobat.

12. Tugu Kilometer Nol Indonesia

tugu kilometer nol indonesia
Tugu Kilometer Nol Indonesia (Foto: mirwans(dot)com)

Pastinya jika ke Sail Sabang sobat tidak boleh melewatkan berfoto di Tugu Kilometer Nol Indonesia sebagai tanda sobat pernah terletak di pulau Sabang.

Tugu kilometer nol ini terletak di kawasan wisata hutan pulau Sabang, tepatnya terletak di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

Karena menyangkut nasionalisme sebagai warga negara Indonesia dan penanda sobat menginjakkan kaki di titik nol kilometer Indonesia maka sobat wajib menyambangi Tugu ini.

Nah, itu dia berbagai tempat wisata di pulau Sabang yang tidak boleh sobat lewatkan jika sobat hadir menyaksikan Sail Sabang 2017.